“PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA DAN NILAI LUHUR BANGSA INDONESIA”


Di era Globalisasi ini, tekhnologi adalah salah satu hal yang sangat di junjung tinggi oleh masyarakat didunia. Bahkan bisa dibilang tekhnologi adalah suatu trand yang tidak boleh ditinggalkan oleh kalangan remaja, khususnya di Indonesia. Jika remaja yang tidak kenal maupun tidak bisa menggunakan atau memanfaatkan suatu tekhnologi, maka mereka-pun dianggap sebagai remaja yang gaptek atau bisa saja dianggap remaja yang kuper…
Contohnya saja tekhnologi web jejaring social seperti facebook ataupun twitter, remaja di Indonesia tentu saja mengenal situs/web tersebut, bahkan jumlah pengguna facebook di Indonesia telah mencapai peringkat 10 besar didunia
(http://teknologi.vivanews.com).
Masalahnya sekarang adalah, bagaimana tekhnologi ini dapat bermanfaat dengan baik dan juga dapat melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa ini?
Tekhnologi tentusaja mempunyai dampak yang buruk maupun dampak baik bagi kehidupan penggunanya, dampak tersebut tentusaja tergantung bagaimana pengguna itu menggunakan tekhnologi tersebut.Nah, salahsatu cara untuk dapat memanfaatkan tekhnologi yang baik dan juga dapat melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa adalah sebagai berikut:

1.Bagi pengguna facebook
Kita dapat mengenalkan dan melestarikan budayakita dengan cara memakai foto profil yang sedang menggunakan baju daerah ataupun menggambarkan suatu kegiatan kebudayaan kita contonya: Disaat ada acara memperingati hari kemerdekaan Indonesia.
Atau kita juga dapat membuat status tentang kegiatan kebudayaan kita, seperti menggunakan bahasa jawa disaat salaing berkomentar, menceritakan pengalaman kita disaat ikut acara kebudayaan di catatan facebook, catatan facebook juga bisa memakai bahasa asing, tujuannya agar teman dari Negara lain dapat mengerti artinya . Dan jangan lupa kita berusaha semaksimal mungkin mencari teman dari negara lain agar tujuan kita ini bisa tersampaikan pada mereka.
Yang perlu diingat bahwa kita jangan pernah berkata-kata kotor dalam situs jejaring social ini apa lagi saling berkelahi dengan kata-kata yang mengandung SARA. Agar kita dapat mempertahankan nilai luhur bangsa ini.

2. Bagi pengguna Blog
Kita dapat mengenalkan dan melestarikan budaya kita dan nilai luhur bangsa ini yaitu dengan cara, banyak menuliskan seputar budaya dan nilai-nilai luhur yang berada di bangsa ini. Tentu saja dihiasi dengan gambar-gambar yang menarik dan berbau unsure budaya Indonesia, dapat juga kita memberikan informasi budaya kita dengan bangsa lain lewat forum-forum yang banyak dikunjungi orang. Nah, didalam blog juga dapat menaruh sebuah tamplate atu background, jika dapat membuat template sendiri alangkah indahnya kita membuat template yang berunsurkan budaya Indonesia.

Itulah beberapa pemanfaatan tekhnologi secara sederhana yang siapa saja bisa melakukannya. Semoga dengan pemanfaatan tekhnologi yang baik dan benar, kita dapat ikut serta melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa ini.
14 September, 2011.
oleh: warda firdausi karimah

23 responses to ““PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA DAN NILAI LUHUR BANGSA INDONESIA”

  1. waaah…
    siiip banget artikelnya mbak…Alangkah baiknya kita bisa “athi’ulloh wa rasulihi wa ulil amri minkum” Ta’atilah Allah, Rasul-Nya, dan pemimpin kalian. Agar negara kita ini bisa maju dengan aman dan sejahtera…

    boleh ngopy dikit-dikit mbak,,, ~*^_^*~

  2. Ini kan tulisan sy!!! kamu copy darimana tulisan ini!!!
    heiii kalau mau ngopi tulisan bilang-bilang!!!
    ini hasil karya orang!! minta izin dulu sama yg buat jangan seenaknya sendiri!! MALING GA PUNYA OTAK!!!!!!!!

    • Astaugfirullah, mas.. saya Bersumpah Demi Allah, tulisan di halaman ini hasil ESAI saya sendiri… jika memang anda merasa ini hasil ESAI anda maka bagian mana yang hasil Esai anda? jika saya mengcopy paste pasti saya kasih nama pembuat berserta alamat aslinya… saya minta maaf jika memang saya yang salah. tapi saya yakin ini hasil EsAI saya sendiri… untuk apa saya berbohong, toh ini saya share untuk teman2 dan untuk berbagi pengalaman dengan teman2. gak ada untungnya buat saya bohong dan ngaku2 tulisan orang lain milik saya. kalau soal tema yang sama. saya memang mengadap tasi temanya dari beasiswa dara print.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s