Naskah Berita (Kesehatan)


Naskah Berita
(Kesehatan)
foto bersama

Oleh:
EKY PUTRI MEIRINDA S. (XII RPL)
KHOLIDA A’ISYAH (XII RPL)
HANDI PUTRA CAHYONO (X TKJ)
SITI MARIYATUL QIFTIYAH (X MM)
WARDA FIRDAUSI KARIMAH (XII RPL)

PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 12 MALANG
Jalan Pahlawan Balearjosari, Telp. (0341) 400 884 MALANG
Website : http://www.smkn12malang.sch.id, e-mail : surat@smkn12malang.sch.id
Assalamualaikum Wr Wb

Selamat pagi pemirsa,
Kembali lagi dengan saya Warda dan rekan saya Tia dalam acara 5 menit sehat bersama SATRAPAMULYA.

Tia : “Kali ini kita akan membahas tentang ODHA. ODHA adalah sebutan bagi pengidap penyakit HIV/AIDS atau singkatan dari Orang Dengan HIV AIDS. Pemirsa, seperti yang kita tahu bahwa penyakit HIV/AIDS ini sangatlah berbahaya bagi kelangsungan hidup umat manusia.Pengidapnya disebut dengan ODHA”.
Warda : “Walaupun penyakit ini menular dan sangat berbahaya, namun kita tidak seharusnya menghindari ataupun mengucilkan ODHA, karena jika kita menjauhi atau mengucilkan ODHA, kita sama saja mempercepat pertumbuhan tingkat penyakitnya dan berarti kita semakin mempercepat kemaTian ODHA. Untuk lebih lengkapnya lagi, kita dengarkan langsung liputan dari reporter kita yang sekarang berada di RS. Saiful Anwar. Yang akan mewancarai dokter Handi, dokter spesialis HIV dan pasienya yaitu Ibu Isa, Beliau adalah seorang guru di kota Malang yang terjangkit HIV beserta kedua anaknya, yang tertular dari almarhum suaminya. Rekan Eky silakan menyampaikan laporan Anda”.

Terimakasih rekan – rekan di studio, baiklah pemirsa, sekarang saya telah berada di rumah sakit Saiful Anwar tepatnya diruang praktik bersama dengan Dr. Handi yakni spesialis HIV dan Ibu Isa sebagai penderita HIV/AIDS, yang akan memberikan informasi tentang pembahasan kita kali ini.

Reporter : “Selamat siang dokter, mengenai topic kita kali ini, menurut dokter apasih ODHA itu ?”.
Dokter : “ODHA adalah sebutan pengidap penyakit HIV/AIDS dan sebenarnya ODHA adalah singkatan dari Orang Dengan HIV AIDS”.
Reporter : “Lalu apa saja kiat – kiat yang harus kita lakukan untuk menghadapi dan memperlakukan ODHA ?”.
Dokter : “Yang pertama kita harus mengenali apa itu HIV/AIDS, dan yang kedua kita harus merangkul ODHA agar dia tidak merasa ter intimidasi. Sebab rasa intimidasi tersebut bisa menambah parah keadaan ODHA”.
Reporter : “Namun bukannya ada anggapan di masyarakat, bahwa jika kita mendekati ODHA, maka kita akan tertular virus tersebut ?”.
Dokter : “Anggapan tersebut sangat salah, karena virus HIV/AIDS hanya dapat menular melalui darah, bukan melalui udara. Jika melalui udara maka detik ini juga banyak manusia yang mengidap penyakit ini. Jadi kita dapat bercAnda, bersahabat, makan bersama dan tidur bersama dengan ODHA. Namun, tidak diperkenankan berhubungan suami istri dan bertukar jarum suntik dengan ODHA. Dengan kata lain, jauhi pergaulan bebas, free sex dan obat – obatan terlarang.”.
Reporter : “Baiklah Dokter. Dan sekarang pemirsa dapat kita saksikan bersama ditengah-tengah kita telah hadir salah seorang pasien dengan penyakit HIV yang telah dideritanya, yakni Ibu Isah.”.

Reporter : “Apa kabar Ibu Isah ?”.
Ibu Isah : “Allhamdulillah, sampai hari ini Allah SWT masih memberikan kesempatan saya untuk bisa melanjutkan hidup”.
Reporter : “Bagaimana keadaan Anda setelah mengetahui Anda terjangkit virus HIV/AIDS ?”.
Ibu Isah : “Setelah dokter memvonis saya mengidap HIV/AIDS, keadaan saya menjadi kacau. Sempat terfikir saya ingin bunuh diri, namun niat itu saya urungkan, setelah saya teringat kedua buah hati saya, terutama Neila, dia baru berusia 9 bulan. Dan saya sadar, ternyata saya jauh lebih beruntung daripada pengidap ODHA lainy, mereka divonis saat virus HIV/AIDS nya akut, sedangkan saya masih bisa diatasi”.
Reporter : “Bagaimana sakit yang Anda rasakan ?”.
Ibu Isah : “Awalnya saya merasa biasa saja, namun beberapa tahun terakhir saya paling sering mengidap flu, batuk, kadang sering merasa lemas. Sampai akhirnya saat suami saya meninggal, tiba – tiba dokter memanggil saya dan keluarga. Dan kemudian kami menjalani pemeriksaan, hasil dari pemeriksaan itu menyebutkan, bahwa kami positif terkena HIV/AIDS”.
Reporter : “Bagaimana Anda bisa mengidap virus tersebut ?”.
Dokter : “Saya adalah wanita yang sehat sebelum menikah, setelah menikah beberapa tahun kemudian saya sering sakit, ya meskipun tergolong sakit yang cukup ringan. Dan setelah tau hasil dari test, ternyata saya dan anak – anak tertular virus HIV/AIDS dari suami.”.
Reporter : “Dan Dokter, menurut penuturan Ibu Isah tersebut bahwa beliau terserang HIV, karena tertular oleh suaminya. Bagaimana menurut Anda Dokter ?”
Dokter : “Memang seseorang dapat terjangkit HIV tidak hanya karena dirinya sendiri, tetapi juga bisa terular, karena transfuse darah, hubungan suami istri, proses menyusui dan dari jarum suntik, misalnya dalam penggunaan narkoba. Berdasarkan pengamatan kami, kasus ibu isah ini, penularan terjadi dari hubungan suami istri. Awalnya suami Ibu Isah mengidap HIV, kemudian menular kepada istrinya yang secara otomatis juga tertular kepada anak – anaknya sejak didalam kandungan.”
Reporter : “Bagaimana usaha Anda untuk melawan penyakit tersebut ?”.
Ibu Isah : “Usaha yang saya lakukan cukup simple, 1 semangat, 2. Rutin meminum obat, 3. Tawakal”.
Reporter : “Baik Ibu Isah, semoga Anda dan keluarga diberi kesembuhan dan jangan pernah menyerah untuk melawan penyakit Anda. Kembali lagi ke dokter kita, sedikit pertanyaan lagi ya dok?”

Reporter : “Apakah benar HIV/AIDS tidak bisa disembuhkan ?”.
Dokter : “PAndangan kita bahwa HIV/AIDS adalah penyakit yang mematikan semua itu keliru, sangat – sangat keliru. Karena , HIV/AIDS dapat disembuhkan dengan nutrisi dan pola hidup.”.
Reporter : ” Sebelum mengakhiri perbincangan kita kali ini, silahkan dokter memberikan pesan kepada seluruh pemirsa yang sedang menyaksikan acara ini terhadap virus HIV/AIDS.”.
Dokter : “Pesan saya adalah jauhi narkoba, hindari pergaulan bebas dan mulailah berpola hidup sehat dari sekarang.”.
Reporter : “Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan Dr. Handi dan ibu Isah kepada kami. Sekian liputan perbincangan kali ini, saya Eky Putri langsung dari RS. Saiful Anwar, melaporkan. Kembali ke studio”.

Terima kasih rekan Eky. Pemirsa dalam liputan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa virus HIV/AIDS tidak mudah menular. Yang harus kita perhatikan adalah tolak pergaulan bebas, tidak menggunakan narkoba dan jangan lupa menjaga pola hidup sehat. Sekian berita yang dapat kami sampaikan.
Atas nama kerabat kerja yang bertugas, kami pamit undur diri, terima kasih dan sampai jumpa. Wassalamualaikum Wr Wb

” INILAH TEKS NASKAH BERITA YANG MENGHANTARKAN KAMI MENJADI JUARA 1 DALAM LOMBA PRESENTER TINGKAT SMA/SMK/MA NEGERI DAN SWASTA SE-KOTA MALANG YANG DISELENGGARAKAN OLEH TEAM MGMP SMA KOTA MALANG”
TERIMAKASIH DAN UCAPAN SYUKUR KEPADA ALLAH SWT YANG TELAH MEMBERIKAN SEMUA INI KEPADA KAMI.
TERIMAKASIH UNTUK:
1. ORANG TUA KAMI YANG SELALU MEMOTIVASI KAMI.
2. KEPADA IBU GURU KAMI YANG SELALU MEMBIMMBING KAMI DAN MEMPERCAYAKAN KEPADA KAMI: IBU ENOK.
3. KEPADA WALI KELAS DAN IBU GURU YANG SELALU MEMOTIVASI KAMI APAPUN YANG TERJADI: IBU KARTIKA.
4. KEPADA SELURUH WARGA SMKN 12 MALANG YANG TELAH MENDUKUNG KAMI.
5. KEPADA SAUDARA KAMI YANG SELALU MENDUKUNG KAMI.

UCAPAN TRIMAKASIH PRRIBADI DARI SANG PENULIS:
i. for my beloved mom
ii. for my beloved old sister and brother
iii. for my aunt
iv. for my father.
1. KEPADA TEAM BELAJAR KU “KATWELEVE COMUNITY”
2. KEPADA TEAM PENYEMANGATKU “GEBOL, ACIEL, DUO CANDRA AND MAS KERESEK”
3. KEPADA GURU2 KU YANG TERCINTA.
a. IBU KARTIKA
b. IBU DAN BAPAK GURU BK.
c. Pak EGa
d. Pak Arik
e. Pak HADI PURwAnto
f. IBU WAHYUNI
4. KEPADA TEMAN-TEMAN XII RPL
5. DAN ADIK-ADIK PESERTA SELEKSI LOMBA BAHASA INDONESIA. SEMANGAT!
foto bersama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s