Proposal dan Karya Ilmiah “Pengaruh Sarapan Terhadap Evektifitas Belajar Siswa


KARYA ILMIAH REMAJA

“PENGARUH SARAPAN
TERHADAP EVEKTIVITAS BELAJAR SISWA
DI SEKOLAH”

Karya tulis ini disusun dalam rangka memenuhi tugas
Bahasa Indonesia Kelas XII

Dibimbing oleh : Enok Ratnayu, S.Pd.

Disusun oleh :

Eky Putri M. S. (10 / XII RPL)
Warda Firdausi K. (36 / XII RPL)

PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 12 MALANG
Jalan Pahlawan Balearjosari, Telp. (0341) 400 884 MALANG
Website : http://www.smkn12malang.sch.id, e-mail : surat@smkn12malang.sch.id

Malang, 2011

HALAMAN PENGESAHAN

Karya Ilmiah yang berjudul “Pengaruh Sarpan terhadap Efektivitas Belajar Siswa Di Sekolah ” yang disusun oleh Eky Puti Meyrinda S. dan Warda Firdausi K. ini adalah karya asli dan
bukan jiplakan.

Telah disahkan pada tanggal Desember 2011

Yang Mengesahkan,

Enok Ratnayu, S.Pd
NIP. 09056115610955

Penulis, Penulis,

Eky Putri M. S. Warda Firdausi K.
NIS. 1037 / 011.070 NIS. 1065/040.070

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT karena atas Rahmat dan Hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Karya Ilmiah ini tepat pada waktunya.
Karya Ilmiah yang berjudul “Pengaruh Sarpan terhadap Efektivitas Belajar Siswa Di Sekolah ” ini menjelaskan tentang semua hal yang berkaitan dengan pembelajaran.
Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berpartisipasi dalam pembuatan Karya Ilmiah ini. Ucapan terima kasih penulis ucapkan kepada :
1. Orang tua selaku motivator penulis.
2. Dra. Retno Utami selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 12 Malang.
3. Enok Ratnayu, S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia kelas XII.
4. Teman-teman khususnya yang menjadi responden penelitian.
5. Semua pihak yang telah mendukung dan membantu penulis menyelesaikan Karya Ilmiah ini.
Penulis mengakui bahwa penulis adalah manusia yang mempunyai keterbatasan dalam berbagai hal, oleh karena itu tidak ada hal yang dapat diselesaikan dengan sangat sempurna. Begitu pula dengan Karya Ilmiah yang telah penulis selesaikan ini. Tidak semua hal dapat penulis deskripsikan dengan sempurna dalam Karya Ilmiah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran sebagai batu loncatan yang dapat memperbaiki Karya Ilmiah ini di masa datang.
Akhirnya harapan penulis adalah supaya Karya Ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca guna menambah pengetahuan dan juga membimbing pembaca dalam melaksanakan suatu kegiatan.

Malang, Desember 2011

Penulis

ABSTRAKSI

Firdausi, Warda, dan Eky, Putri.2011. Pengaruh Sarpan terhadap Efektivitas Belajar Siswa Di Sekolah Kata kunci : Guru, siswa.

Karya Ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengatuh sarapan dengan keefektivitasan belajar siswa di sekolah. Serta dampak dari kebiasaan sarapan oleh siswa itu sendiri. Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah dapat mengetahui manfaat dari sarapan untuk keefektivitasan siwa dalam belajar.
Penulis menggunakan metode kuisoner (angket) untuk mendapatkan informasi dari para siswa kelas XII RPL di SMK Negeri 12 Malang. Dari 1280 siswa, penulis mengambil sampel sebanyak 30 siswa.
Dari angket yang telah disebarkan, penulis mendapatkan jawaban yang telah diisi oleh siswa SMK Negeri 12 Malang dari kelas XII. Dari sekian jawaban dapat penulis simpulkan bahwa sarapan memiliki peran penting dalam efektifitas belajar siswa.

DAFTAR ISI
JUDUL HALAMAN……………………………………………………………………………………… i
HALAMAN PENGESAHAN………………………………………………………………………… ii
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………… iii ABSTRAKSI………………………………………………………………………… iv
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………………………. v

BAB.I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang …………………………………………………………………………………….. 1
1.2 Tujuan Penulisan…………………………………………………………………………………… 1
1.3 Ruang Lingkup…………………………………………………………………………………….. 1
1.4 Rumusan Masalah ……………………………………………………………………………….. 1
1.5 Hipotesis …………………………………………………………………………………………….. 2
F. Metode Penelitian ………………………………………………………………………………….. 2
BAB. II KAJIAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Pengaruh ….. 3
2.2 Pengertian Sarapan ….. 3
2.3 Pengertian Efektivitas ….. 3
2.4 Pengertian Belajar ….. 4
2.5 Pengertian Siswa ….. 4
2.6 Pengertian Sekolah ….. 4

BAB. III METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Metode Penelitian ………………………………………………………………. …… 5
3.2 Teknik Pengumpulan Data ………………………………………………….. …… 5
3.4 Metode Analisis Data …………………………………………………………. …… 6
3.5 Sistematika Penulisan Laporan ……………………………………………. …… 6
BAB. IV PENUTUP
4.1 Analisis dan Pembahasan………………………………………………………………………. 7
4.2 Saran……………………………………………………………

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Pada zaman modern ini pendidikan sangat penting untuk kemajuan peradapan masyarakat didunia ini. Karena dengan adanya kemajuan peradaban, maka manusia akan hidup lebih nyaman dan tentram.
Namun, ada beberapa kendala dalam mencapai ke-efektivitasan dalam pendidikan. Yaitu salah satunya kurangnya persiapan masyarakat untuk menerima pendidikan persiapan dalam menerima pendidikan. Persiapan dalam menerima pendidikan ada beberapa macam, salah satunya adalah waktu. Ketidak siapan masyarakat dalam memulai waktu pembelajaran. Yaitu ketika kita dituntut untuk memulai waktu belajar dengan batas waktu yang padat, maka kita kan melupakan hal-hal yang kecil, contohnya saja sarapan. Banyak diantara pelajar yang melaporkan hal kecil ini. Padahal dari hal kecil ini kita bisa mengalami efek yang cukup besar teharap
efektivitas belajar.
Dari keterangan diatas maka kami tertarik untuk membuat penelitian yang berjudul dan bertemakan “PENGARUH SARAPAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA
DI SEKOLAH”.
1.2 TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penulisan Karya Ilmiah yang berjudul “Pengaruh Sarpan terhadap Efektivitas Belajar Siswa Di Sekolah ” adalah :
1.2.1 Untuk mengetahui pengaruh sarapan terhadap efektivitas belajar siswa.

1.3 RUANG LINGKUP

1.3.1 Dampak sarapan terhadap efektivitasan belajar siswa dalam pelajaran.

1.4 RUMUSAN MASALAH
1.4.1 Apakah ada pengaruh sarapan terhadap efektifitas belajar siswa?

1.5 HIPOTESIS
1.5.1 Ada pengaruh sarapan terhadap fefektivitas belajar siswa.

1.6 METODE PENELITIAN
Dalam penulisan karya tulis ini untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan penulis menggunakan beberapa metode penulisan sebagai berikut:
1. Studi Kepustakaan : yaitu penulis membaca buku-buku dan kumpulan artikel yang berkaitan dengan penelitian ini.
2. Studi Kasus: yaitu observasi langsung dengan cara menyebarkan 30 lembar angket kepada kalangan siswa SMKN 12 Malang kelas XII RPL.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

Istilah-istilah yang digunakan penulis dalam menyusun Karya Ilmiah ini berkaitan dengan pertemanan sebagai berikut:

2.1 PENGERTIAN PENGARUH
Daya yg ada atau timbul dr sesuatu (orang, benda) yg ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan seseorang.
2.2 PENGERTIAN SARAPAN
Sarapan atau makan pagi adalah makanan yang disantap pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dan sangat dianjurkan untuk dipenuhi, karena alasan kesehatan
2.3 PENGERTIAN EFEKTIVITAS
Sondang P. Siagian (2001 : 24) memberikan definisi sebagai berikut : “Efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atas jasa kegiatan yang dijalankannya. Efektivitas menunjukan keberhasilan dari segi tercapai tidaknya sasaran yang telah ditetapkan. Jika hasil kegiatan semakin mendekati sasaran, berarti makin tinggi efektivitasnya.
Sementara itu Abdurahmat (2003:92) “Efektivitas adalah pemanpaatan sumber daya, sarana dan prasaranadalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan tepat pada waktunya.

2.4 PENGERTIAN BELAJAR
Belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.
2.5 PENGERTIAN SISWA
1. murid (terutama pd tingkat sekolah dasar dan menengah); pelajar: — SMU
2.6 PENGERTIAN SEKOLAH
Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa (atau “murid”) di bawah pengawasan guru. Sebagian besar negara memiliki sistem pendidikan formal, yang umumnya wajib. Dalam sistem ini, siswa kemajuan melalui serangkaian sekolah. Nama-nama untuk sekolah-sekolah ini bervariasi menurut negara (dibahas pada bagian Daerah di bawah), tetapi umumnya termasuk sekolah dasar untuk anak-anak muda dan sekolah menengah untuk remaja yang telah menyelesaikan pendidikan dasar.

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1 METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode yang menggambarkan suatu fenomena secara sistematis, dengan hasil yang dinyatakan dalam bentuk angka. Tahapan-tahapan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Tahap perumusan masalah
2. Tahap pengumpulan data
3. Tahap analisis data
4. Tahap penarikan kesimpulan

3.2 TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan angket yang isi pokoknya berkaitan dengan rumusan masalah yang diteliti. Angket ini disebarkan kepada 30 orang responden, yang merupakan siswa SMKN 12 Malang kelas XIIRPL yang dipilih secara acak sebagai ruang samplenya.

Peneliti melakukan telaah pustaka yang berupa buku-buku teks, jurnal-jurnal ilmiah, artikel-artikel internet, dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan rumusan masalah yang akan dibahas.

3.3 METODE ANALISIS DATA
Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Metode ini merupakan metode yang digunakan untuk metode mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data ke dalam bentuk penyajian yang sesuai.
3.4 SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN
Laporan penelitian ini menggunakan sistematika sebagai berikut :
Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka, Bab III Metodologi Penulisan, Bab IV Analisis Dan Pembahasan dan Bab V Penutup.

BAB IV
PENUTUP

4.1. ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Kesadaran siswa dalam membiasakan sarapan dipagi hari sangatlah rendah. Padahal pada beberapa penelitian sarapan bisa memperlambat kerusakan otak pada manusia. Tentu saja sarapan bisa mempermudah siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar disekolah.
Untuk itu dalam penelitian ini, penulis akan menyampaikan hasil-hasil apa saja yang sudah didapatkan setelah melakukan pengamatan dan penelitian dengan metode seperti yang sudah dijelaskan di atas.

1. Apakah Anda sarapan sebelum berangkat sekolah?
a. Ya
b. Tidak

Dari penelitian yang sudah dilakukan yakni menyebarkan 30 angket kepada siswa SMKN 12 Kelas XII dapat dihasilkan diagaram seperti di bawah ini: Banyaknya siswa yang sarapan dan tidak sarapan:

Dari diagram diatas dapat diketahui bahwa mayoritas siswa XII RPL SMKN 12 Malang telah membiasakan sarapan di setiap pagi, namun masih banyak pula yang tidak membiasakan diri dalam sarapan di setiap pagi.
2.Apakah sarapan mempengaruhi nilaiAnda?
a. Ya
b. Tidak

Dari diagaram diatas diketahui bahwa sarapan tidak begitu mempengaruhi nilai siswa, namun tidak sedikit pula yang menyatakan sarapan mempengaruhi nilai dari belajar siswa.
3.Apakah ada efek yang Anda rasakan jika tidak sarapan?
a. Ada
b. Tidak Ada

Dari diagaram diatas diketahui bahwa jika siswa tidak sarapan maka mereka akan mersakan beberapa efeknya, dari beberapa yang telah disampaikan adalah mengantuk, mudah lelah, dan berkurangnya konsentrasi ketika menerima pelajaran.

4.Apakah Anda merasa dengan sarapan nilaiAnda menjadi lebih baik?
a. Ya
b. Tidak
c. Biasa saja

Dari diagaram diatas diketahui bahwa dengan sarapan siswa merasa nilainya biasa saja, namun tidak sedikit pula yang menyatakan nilainya lebih baik dan beberapa yang menyatakan nilainya tidak lebih baik.
5.Apakah Anda merasa dengan tidak sarapan nilaiAnda menjadi tidak maksimal?
a. Ya
b. Tidak
c. Biasa saja

Dari diagaram diatas diketahui bahwa dengan tidak sarapan siswa merasa nilainya biasa saja, namun tidak sedikit pula yang menyatakan nilainya menjadi tidak maksimal dan beberapa yang menyatakan nilainya maksimal tanpa sarapan

4.2. SARAN
Laporan proposal ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pembaca untuk membuat karya tulis berikutnya.

PROPOSAL ILMIAH

“PENGARUH SARAPAN
TERHADAP EVEKTIVITAS BELAJAR SISWA
DI SEKOLAH”

Disusun oleh :

Eky Putri Meyrinda S.
Warda Firdausi Karimah

PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 12 MALANG
Jalan Pahlawan Balearjosari Tlp. (0341) 400 884 MALANG
Website : http://www.smkn12malang.sch.id, e-mail : surat@smkn12malang.sch.id
Malang 2011
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pada zaman modern ini pendidikan sangat penting untuk kemajuan peradapan masyarakat didunia ini. Karena dengan adanya kemajuan peradaban, maka manusia akan hidup lebih nyaman dan tentram.
Namun, ada beberapa kendala dalam mencapai ke-efektivitasan dalam pendidikan. Yaitu salah satunya kurangnya persiapan masyarakat untuk menerima pendidikan persiapan dalam menerima pendidikan. Persiapan dalam menerima pendidikan ada beberapa macam, salah satunya adalah waktu. Ketidak siapan masyarakat dalam meAndalai waktu pembelajaran. Yaitu ketika kita dituntut untuk meAndalai waktu belajar dengan batas waktu yang padat, maka kita kan melupakan hal-hal yang kecil, contohnya saja sarapan. Banyak diantara pelajar yang melaporkan hal kecil ini. Padahal dari hal kecil ini kita bisa mengalami efek yang cukup besar teharap
efektivitas belajar.
Dari keterangan diatas maka kami tertarik untuk membuat penelitian yang berjudul dan bertemakan “PENGARUH SARAPAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA
DI SEKOLAH”.

B. Rumusan Masalah
1.Apakah ada pengaruh sarapan terhadap efektifitas belajar siswa?
C.Tujuan Penelitian
1.Untuk mengetahui pengaruh sarapan terhadan efektivitas belajar siswa.
D.Hipotesis
1. Ada pengaruh sarapan terhadap fefektivitas belajar siswa.
E.Metode Penulisan
Dalam penulisan karya tulis ini untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan penulis menggunakan beberapa metode penulisan sebagai berikut:
1. Studi Kepustakaan : yaitu penulis membaca buku-buku dan kumpulan artikel yang berkaitan dengan penelitian ini.
2. Studi Kasus: yaitu observasi langsung dengan cara menyebarkan 30 lembar angket kepada kalangan siswa SMKN 12 Malang kelas XII RPL.
F. Ruang Lingkup
Dalam karya ilmiah ini, penulis menggunakan batasan penelitian yakni kalangan siswa sekolah SMKN 12 Malang, yaitu kelas XII RPL.
G. Jadwal Penelitian
No Nama Kegiatan Bulan
November Desember
1 Penyusunan Proposal X
2 Pelaksanaan Penelitian X
3 Pengelolahan data X
4 Penyusunan Laporan X

LAMPIRAN
ANGKET

1. Apakah Anda sarapan sebelum berangkat sekolah?
a. Ya
b. Tidak
2. Apakah sarapan mempengaruhi nilaiAnda?
a. Ya
b. Tidak
3. Apakah ada efek yang Anda rasakan jika tidak sarapan?
a. Ada
b. Tidak Ada
4. Apakah Anda merasa dengan sarapan nilaiAnda menjadi lebih baik?
a. Ya
b. Tidak
c. Biasa saja
5. Apakah Anda merasan dengan tidak sarapan nilaiAnda menjadi tidak maksimal?
a. Ya
b. Tidak
c. Biasa saja

DAFTAR PUSTAKA

Pengertian Sekolah, id.wikipedia.org/wiki/Sekolah
Pengertian Sarapan, id.wikipedia.org/wiki/Sarapan
Pengertian Pengaruh, http://www.artikata.com
Pengertian Siswa, http://www.artikata.com
Pengertian Efektivitas, carapedia.com
Pengertian Belajar, carapedia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s