Tugas Pengantar Ilmu Komunikasi


1. Pengertian model komunikasi.
Representasi suatu fenomena komunikasi, baik nyata maupun abstrak, dengan menonjolkan unsur -unsur terpenting dari fenomena tersebut. Sebagai alat untuk menjelaskan fenomena komunikasi .
2. Fungsi dan Manfaat Model
Melukiskan proses komunikasi, Menunjukkan hubungan visual, Membantu dalam menemukan dan memperbaiki kemacetan komunikasi.
3. Sebutkan 1 (masing-masing 1) dan jelaskan model komunikasi :
A. Model Linear.
Model ini didasari paradigma stimulus-respons. Menurut paradigma ini, komunikan akan memberikan respons sesuai stimulus yang diterimanya. Komunikan adalah makhmuk pasif, menerima apapun yang disampaikan komunikator kepadanya. Komunikator aktif menyampaikan pesan, komunikan pasif menerima pesan, pesan berlangsung searah dan relative tanpa umpan balik, karena itu disebut linear.
Contoh: Model Aristoteles ,
Model klasik ini mengajukan 3 unsur utama yaitu sender, message, receiver. Selain itu terdapatunsur lain yang disebut setting yaitu suasana lingkungan yang perlu diciptakan agar komunikasi berlangsug efektif. Menurut Aristoteles, untuk berhasil dalam komunikasi public, maka terdapat 3 unsur utama yang harus diperhatikan, yaitu ethos (kredibilitas komunikator), logos (rutun logika argumentasi pesan yang anda sampaikan), pathos (kemampuan memainkan emosi).
B. Model sikuler.
Model sirkuler umumnya berangkat dari paradigma antarpribadi, di mana kedudukan komunikator dan komunikan relative setara. Munculnya paradigma baru ini merupakan pemisahan dari paradigma yang lama tentang komunikasi yang linear. Model sirkuler dikritik karena adanya kesamaan tingkat (equality)antara komunikator dan komunikan.

Contoh: model komunikasi newcomb
Model Newcomb diluncurkan pada1953. Bentuk model adalah segitiga, namun karena menggambarkan kesamaan derajat antara pelaku komunikasi, dimana penerima pesan tidak lagi dianggap pasif, yang tercermin dalam bentuk panah bolak-balik, maka model ini kita masukkan ke dalam kelompok sirkuler. Dalam model ini Newcomb mengembangkan modelnya berdasarkan karya terdahulu dari ahli psikologi Header (1946).

C .Model helical / spiral.
Model spiral menggambarkan bagaimana aspek-aspek yang berbeda dari suatu proses komunikasi terus berubah dan berkembang dari waktu ke waktu. Contoh:
(Model Dance’s Helical Spiral)
Komunikasi yang fleksibel ® suatu proses dinamis
Proses komunikasi berjalan tetapi tetap bergantung pada masa lampau
Informasi masa sekarang dan masa lalu
Pengalaman yg komunikatif ® hasil dr proses pembelajaran dimana seseorang berkembang mjd orang yg konsisten dan bermakna di masyarakat.

2 responses to “Tugas Pengantar Ilmu Komunikasi

  1. bisa dibantu jelasin gak tentang komunikasi sirkular ? disitu yg dimaksud setara itu kek gimana ya ? terus bedanya sama komunikasi linear apa ? komunikasi linear disini maksudnya gak ada timbal balik ya ? bisa dibantu contoh kehidupan sehari” ? thanks.

  2. setara kalau sepenangkapanku dan menurutku sih komunikan dan komunikator itu, mempunya sebuah pengetahuan yang setara, misal mahasiswa berdiskusi masalah pelajaran dengan sesama mahasiswa dsb.
    iya komunikasi linear itu gak ada feed back, jadi kalau sirkular itu pasti ada timba baliknya dan bisa face to face sedangkan linear itu contoh di kehidupannya nyatanya kayak penyiar berita yang berbica melalui media televisi atau radio atau menulis di berita yang susah untuk memungkinkan adanya fast feed back. (maaf kalau penjelasan saya ada yang salah, saya hanya mencoba untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan anda, terima kasih sudah mampir di bog saya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s